Rabu, 09 April 2014

Ringkasan Qoidah shorofiyah Oleh Nurul Wahid Romadlon


القاعدة الأولى
(QOIDAH PERTAMA)
من واو أو ياء بتحريك أصل                                                 ألفا ابدل بعد فتح متصل
“ Gantilah menjadi alif jika ada huruf wawu dan ya’ yang menyandang harokat yang asli (bukan harokat pergantian) yang jatuh setelah harokat fathah yang bertemu langsung (muttasil). Contoh : lafadz  صان yang asalnya     صون
·         Penjelasan
Syarat-syarat wawu dan ya’ diganti alif, ada 4yaitu:
1.      Wawu dan ya’ harus berharokat ( Tahrik)
Jika keduanya tidak berharokat maka, tidak boleh diganti alif.
Seperti:  قَوْلٌ dan  بَيْعٌ
2.      Berharokat asal
Jika wawu dan ya’ harokatnya bukan asal maka, tidak boleh diganti dengan alif
Contoh: جَيَلَ dan  تَوَمَ  asalnya جَيْأَلَ dan   تَوْأَمَ
3.      Terletak setelah harokat fathah
Wawu dan ya’ harus jatuh setelah harokat fathah, Jika tidak jatuh setelah harokat fathah, maka tidak boleh diganti dengan alif
 Contoh:حِيَلٌ, عِوَضٌ
4.      Harokat fathahnya bertemu langsung dalam satu kalimat
Jika harokat fathahnya tidak bertemu langsung dengan wawu dan ya’, tetapi pada kalimat lain, maka tidak boleh digantidengan alif.
                                                                        Rujukan
إذا تحركت الواو والياء بعد فتحة متصلة فى كلمتيهما أبدلتا ألفا مثل ,,صان و باع,, أصلهما ,,صون وبيع,,
الأعلال: " صان " اصله صون "على وزن "فعل" ابدلت الواو الفا لتحركها بعد فتحة متصلة فى كلمتها فصار "صان"
"باع" اصله"بَيَعَ" على وزن فَعَلَ " ابدلت الياء الفا الخ.......

القاعدة الثانية
(QOIDAH KEDUA)
(Pemindahan Harokat Huruf Lain)
لسا كن صح انقل التحريك من                                                ذي لين ات عين فعل كأ بن
مالم يكن فعل تعجب ولا                                                       كابيض أو أهوى بلام عللا
“ Pindahlah harokatnya huruf lain(wawu dan ya’) yang menjadi ‘ain fi’il kepada huruf shohih yang mati(terletak sebelumnya) seperti lafadz أَبِنْ  
Dengan syarat bukan merupakan fi’il ta’ajub, tidakseperti lafadz إِبْيَضَّ atau  أَهْوَىyang lam fi’ilnya dii’lal.”
·        Penjelasan
Jika ada huruf lain(واو danياء ) berharokat dan huruf sebelumnya berupa huruf shohih yang mati, maka harokat huruf lain harus dipindah ke huruf shohih sebelumnya. Contoh: أَبِنْ dan يَصُوْنُ asalnya  أَبْيِنْ dan يَصْوُنُ
Alasan pemindahan harokat tersebut karena Huruf lain keberatan menerima harokat Dhomah dan kasroh, yang merupakan harokat yang kuat, sedangkan huruf lain (واو danياء ) itu sifatnya lemah.
Ø  Syarat-syarat pemindahan:
Jika lafadznya berupa kalimat fi’il, maka ada 3 syarat yaitu:
1.      Bukan merupakan fi’il ta’ajub
Fi’il ta’ajub yaitu fi’il yang menujukkan arti kagum, fi’il ini memiliki 2 wazan yaitu lafadz مَا أَفْعَلَ  dan أَفْعِلْ بِهِ
Contoh: Lafad مَا أَقْوَمَ الشَّيْئَ  dan اَقْوِمْ بِهِ
2.      Lafadznya tidak seperti lafadz اِبْيَضَّ
(suatu lafad jika harokatnya di pindah akan menyebabkan serupa dengan huruf lain)
3.      Lafadznay tidak seperti lafadz أهوى
(suatu lafad jika harokatnya dipindahakan menyebabkan terjadinya 2 I’lal dalam satu kalimah dan tidak ada pemisahnya)
Jika lafadznya berupa kalimat isim maka ditambah 1 syarat lagi yaitu:
1.       lafadznya serupa dengan fiil mudori’ dalam segi wazannya bukan serupa di dalam  huruftambahannya. Seperti contoh lafadz: مصان  asalnya مصون
Rujukan

إذا وقعة الواو والياء عينا متحركة من أجواف وكان ما قبلهما ساكنا صحيحا نقلت حركتهما إلى ما قبلهما. نحو ,,يقوم
و يبيع,, أصلهما ,,يقوم و يبيع,,
                                                                                                                                                الاعلال: يَقُوْمُ اصله يَقْوُمُ على وزن يَفْعُلُ نقلت حركة الواو الى ما قبلها لتحركها وسكون حرف صحيح قبلها دفعا للثقل فصار يَقُوْمُ
يبيع اصله يبيع على وزن يفعل نقلت حركة اليا الخ.....

القاعدة الثالثة
(QOIDAH KETIGA)
(Huruf- Huruf Pengganti)
أحرف الابدال هدأت موطيا                                                   فأبدل الهمزة من واو ويا
آخرا إثر ألف زيد وفيي                                                        فاعل ما أعل عينا ذااقتفي
“ Huruf pengganti itu ada 8(delapan) yaitu: ha’, dal, hamzah, ta’, mim, wawu, tho’, dan ya’(yang terkumpul dalam lafadz هدأت موطيا)maka gantilah dengan hamzah apabila ada wawu dan ya’”
“ Yang berada diakhir kalimah dan terletak setelah alif zaidah. Begitu pula didalam isim fa’ilnya lafadz yang dii’lal ‘ain fi’ilnya, hukummengganti wawu dan ya’ menjadi hamzah juga dilakuka”.
·        Penjelasan
Penggantian huruf itu dibagi menjadi 3 macam, yaitu : Badal, Iwad, dan Qolb perbedaanya:
1.      Badal, yaitu menjadikan ganti huruf pada tempat hurufnya lain secara mutlaq ( baik pada huruf shohih ataupun huruf ilat) contoh:صَانَ              صَوَنَ
2.      Iwadl, yaitu mengganti suatu huruf dengan huruf lain, yang tempatnya bukan pada tempat huruf yang diganti conto:  عِدَة           وِعْدٌ
3.      Qolb, yaitu mengganti huruf ilat dengan huruf yang lain. Contoh :صَانَ              صَوَنَ
“ qolb merupakan istilah yang lebih khusus dibanding badal karena hanya ditentukan dengan huruf I’lat”
Ø  Huruf – huruf badal (pengganti)
Huruf – huruf badal atau pengganti  itu ada 8 yaitu:
1.      Huruf ha’seperti هَوَقَتْ                           اَرَاقَتْ
2.      Huruf dal  seperti إدَّانَ                           اِدْتَانَ
3.      Huruf hamzah seperti صَائِنٌ                 صَاونٌ
4.      Huruf ta’seperti اِتَّصَلَ                          اِوْتَصَلَ
5.      Huruf mim seperti اَللَّهُمَّ                         يا الله
6.      Huruf wawu seperti ضُوْرِبَ                ضُارِبَ
7.      Huruf tho’seperti اِصْطَبَرَ                     اِصْتَبَرَ
8.      Huruf ya’ seperti مِيْعَادٌ                           مِوْعَادٌ

Rujukan
إذا وقعة الواو والياء بعد ألف زائدة أبدلتا همزة, بشرط أن تكونا عينا فى اسم فاعل وطرفا فى مصدر. مثل صائن و سائر وكساء وبناء أصلهما: صاون, وساير, وكساو, وبناى
الاعلال: صَائِنٌ اصله صَاوِنٌ على وزن فاعل ابدلت الواو همزة لوقوعها بعد الف زائدة مع كونها عين اسم فاعل فصار صَائِن  

                                           
القاعدة الرابعة
(QOIDAH KE EMPAT)
(Penyukunan Akhir Mudhore’ Yang Tidak Dibaca Nashob)
و إِنْ هُمَا  مُحَرَّ كَيْنِ  فِيْ طَرَفْ                                  مُضَارِعٍ لَمْ يَنْتَصِبْ سَكِّنْ تُخَفْ
نحو الذي جا من رمى أو من عفا                                أو من خشي وياء ذااقلب ألفا
“ Apabila terdapat wawu atau ya’ yang berharakat dan berada pada akhir fiil mudlori yang tidak dibaca nashab, maka wawu dan ya’ harus disukun”
 “seperti fiil mudlori’ dari fiil madli   رَمَى  يرمي  atau fiil mudlori’ dari fiil madly  عَفَى  يعفوatau fiil mudlori’ dari fiil madly  خَشِيْ يخشى  dan gantilah ya’ pada fiil mudlori’ خَشِيْ  menjadi alif (maksudnya يخشى   يخشي   (    
·        Penjelasan
Jika ada huruf wawu atau ya’ di akhir fiil mudlori’ yang tidak dibaca nashab, maka huruf wawu atau ya’ tersebut harus disukun. Contohnya:
1.      يرمي  asalnya  يرمي        ( penyukunan dengan sukun)
2.      يعفو    aslanya   يعفو        ( penyukunan dengan sukun)
3.      يخشى  asalnya  يخشي      ( penyukunan dengan mengganti ya’ menjadi alif )
Namun, apabila fiil mudlori’nya dibaca nashab ( bertemu amil nashab) maka wawu atau ya’ tetap dengan fathah ( tidak disukun) . Hal ini dikarenakan fathah adalah harokat yang ringan. Contoh :
1.      يرمي  لن
2.      يعفو   لن
3.      يخشى لن  (tidak diganti alif karena penyukunan tidak berlaku).

Ø  Penyukunan wawu dan ya’ dalam isim fail
Sama halnya pada fiil mudlori’, wawu dan ya’ yang berharokat pada akhir isim fail yang tidak dibaca nashab, hukumnya wajib disukun. Contoh:
1.         رام   asalnya رامي  
2.          غاز  asalnya غازو

Ketika nashab, fathahnya harus ditampakkan ( tidak boleh disukun ). Hal ini karena harokat fathah itu ringan. Contoh:
1.           راميا 
2.      غازوا
Ø  Alasan wawu dan ya’ berat untuk diharokati dlommah dan kasroh

1.     Wawu dan ya’ adalah huruf illat yang hukumnya lemah tidah mampu menyandang harokat. Sedangkan dlommah adalah harokat yang paling berat.
2.     Wawu dan ya’ adalah huruf illat yang hukumnya lemah tidah mampu menyandang harokat. Sedangkan kasroh adalah harokat yang berat.
3.     Jika harokat kasroh ditampakkan, maka akan menyebabkan berturut-turutnya beberapa kasroh ( karena ya’ dihitung sebagai dua kasroh).
4.     Jika ya’ ditampakkan, maka akan menyebabkan bertemunya dua huruf yang mati, yaitu ya dan tanwin ( iltiqo’ sakinain ).
Rujukan
إذا تطرفت الواووالياء وكانتا مضمومة أسكنتا. نحو يغزو ويرمي اصلهما: يغزو ويرمي
                                                                                                                                                الاعلال:
 يَرْمِىْ" اصله" يَرْمِىُ على وزن يَفْعِلُ اسكنت الياء لاستثقال الضمت عليها فصار يَرْمِىْ
                                                                                                                           

القاعدة الخامسة
(QOIDAH KELIMA)
(Mengganti Hamzah Dengan Huruf Mad)
وَمَدَّا اِبْدِل ثَانِياَ الْهَمْزَيْنِ مِنْ                                        كِلْمَةٍ اِنْ يَسْكُنْ كَآثِرْ وَأْتَمِنْ
“ Gantilah menjadi huruf mad, hamzah yang ke-2 dari 2 hamzah yang berkumpul dalam satu kalimat, jika hamzah yang ke-2 itu sukun / mati, maka ikutilah seperti lafadz (contoh) آثِرْ dan اِيْتَمِنْ yang asalnya اِأْتَمِنْ dan اَأْثِرْ
·        Penjelasan

Ø  Diawal Kalimat dan Hamzah Kedua Mati
Jika ke-2 hamzah berada didalam satu kalimah serta bertempat di awal  dan hamzah yang ke-2 mati/sukun. Maka, hamzah yang ke-2 harus diganti dengan huruf mad yang sesuai dengan harokat sebelum hamzah ke-2.
ü  Diganti dengan alif
Jika sebelmnya harokat fathah.
Ex :آثِرْ asalnya أَأْثِرْ
ü  Diganti dengan ya’
Jika sebelumnya harokat kasroh.
Ex : إِيْتَمِنْ asalnya  إِئْتَمِنْ
إِيْثَارٌ        asalnya إِئْثَارٌ
ü  Diganti dengan wawu
Jika sebelumnya harokat dlomah.
Ex : اُوْثِرٌ asalnya أُأْثَرٌ
       أُوْتُمِنْ asalnya    اُأْتُمِنْ
Ø  Diawal Kalimah Dan Hamzah Kedua Berharokat
Jika ke-2 hamazah berada diawal kalimat dan hamzah ke-2 berharokat Maka:
ü  Diganti wawu
a)      Jika hamzah ke-2 beerharokat dlomah.
Ex : اَومُّ asalnya أَؤُمُّ
b)      Jika hamzah ke-2 berharokat fathah serta terletak setelah harokat fathah atau dlomah.
Ex :   أَوَادِمُ asalnya اَأَدِمُ
ü  Diganti ya’
a)      Jika hamzah ke-2 berharokat fathah dan terletak setelah harokat kasroh.
Ex : إِيَمَّ asalnya إِاَمَّ
b)      Jika hamzah yang ke-2 berharokat kasroh secara mutlaq, baik terletak setelah harokat dlomah, fathah, atau kasroh.
Ex : 1) أَيِنّ asalnya اَإِنْنُ
       2) أُيِنُّ asalnya أُاِنْنُ
        3) إِإِمْمُ asalnya إِيمّ
            Di Akhir Kalimah
Jika hamzah yang ke-2 berada  Di akhir kalimatMaka hamzah yang ke-2 diganti menjadi huruf ya’.
Ex: جايئٌ asalnya جاءٍ
Rujukan
ألهمزتان اذاالتقتا فى كلمة واحدة ثانيتهما ساكنة وجب ابدال الثانية بحرف ناسب الى حركة الاولى.نحو أمن, وأومل وايدم. اصلها : أأمن, وأومن, وإئدم.
الاعلال: أَمَنَ اصله أَأْمَنَ على وزن اَفْعَلَ اجتمعت الهمزتان فى كلمة واحدة ثانيتهما ساكنة , فابدلت الثانية الفا لسكونها وانفتاح ما ما قبلها فصار: أَمَنَ

القاعدة السادسة
(QOIDAH KEENAM)
(Pergantian Wawu Menjadi Ya’)
والواو لاما بعد فتح يا انقلب                                       كالمعطيان يرضيان ووجب
إبدال واو بعد ضم من ألف                                        ويا كموقن بذا لها اعترف
  Wawu yang menjadi lam fiil (berada pada urutan ke-4) dan jatuh setelah harokat fathah, maka harus diganti manjadi ya’ seperti lafadz معطيان dan يرضيان
  Dan wajib menjadikan wawu sebagai huruf pengganti dari alif yang jatuh setelah harokat dlomah untuk diganti menjadi ya’, seperti lafadz موقن (asalnya مُيْقِنٌ ).

·        Penjelasan

Ø  Pergantian  wawu menjadi ya’
Wawu yang menjadi lam fiil yang terletak pada urutan empat ke atas itu wajib diganti ya’ . contoh : مُعْطَيَانِ asalnya مُعْطَوَانِ, dan يُرضَيَانِ asalnya يُرضَوانِ.
Syarat – syarat pergantian:
1.      Berada di pinggir pada urutan huruf ke empat ke atas
Alasan pergantian Dikarenakan suatu kalimah (isim atau fiil) yang terdapat wawu yang berada di akhir pada urutan ke atas itu ada lafadz lain yang sama bentuknya dengan kalimah tersebut yang berhak untuk dii’lal, oleh karena itu I’lalnya lafadz yang ada wawunya disamakan dengan lafadz yang disamai
a.       Lafadz مُعْطَيَانِ yang asalnya مُعْطَوَانِ
Yang sama bentuknya dengan isim fail مُعْطِيَانِ yang asalnyaمُعْطَوَان و wawu di dalam isim fail diganti menjadi ya’ dikarenakan huruf sebelumnya dibaca kasroh, kemudian I’lalnya isim maf’ul مُعْطَيَان   Disamakan dengan isim failnya
b.      Lafadz يُرضَيَانِ Yang asalnya يُرضَوان
Lafadz ini mempunyai keserupaan dengan fiil mudlori’nya yang mabni fail yaitu يُرضِيَان

2.      Wawunya tidak berhak diganti alif
Hal ini adakalanya karena wawunya disukun seperti lafadz اَغزَيْتُ yang asalnya اَغْزَوْت

Ø  Pergantian Alif Menjadi Wawu
jika ada huruf Alif yang huruf sebelumnya berharokat dhomah, maka Alif wajib diganti menjadi wawu. Dikarenakan harokat dhomah selau menuntut huruf I’latnya yang sesuai, sedangkan yang sesuai dengan dhomah adalah wawu.
Contoh : بُوْيعَ             بُايعَ  (saling dijual)
Ø  Pergantian Ya’ Menjadi Wawu
Huruf ya’ jiak disusun dan terletak setelah harokat dhomah, maka wajib diganti menjadi wawu
Contoh: مَوْقِنٌ             مُيْقِنٌ  ( Orang yang menyakinkan)
Syarat- Syarat pergantian
Ø  Ya’ wajib berganti wawu jika memenuhi 3 syarat yaitu:
1.      Ya’nya disukun
2.      Ya’ tidak diulangi
3.      Ya’ bertempat pada selainnya jama’
Rujukan
إذا وقعة الواو رابعة فصاعدا فى الطرف ولم يكن ما قبلها مضموما أبدلت ياء. نحو,,يرضى و يقوى. أصلهما يرضو و يقوو.
الاعلال: يَرْضَى اصله يَرْضَوُ على وزن يَفْعَلُ ابدلت الواو ياء لوقوعها رابعة فى الطرف ولم يكن ما قبلها مضموما فصار يرضى. فابدلت الياء الفا لتحركهابعد فتحة متصلة فى كلمتها فصار يرضى


القاعدة السابعة
(QOIDAH KETUJUH)
(Pergantian Wawu menjadi Ya’)
إن يسكن السابق من واو ويا              واتصلا ومن عروض عريا
فياء نالواو اقلبن مدغما                                 وشذ معطى غير ما قد رسما
Ø  Jika terdapat wawu dan ya’ bertemu dalam satu kalimah, serta huruf yang mendahului disukun, dan sepi dari hal-hal yang baru datang(sukun atau huruf yang tidak asal)
Ø  Maka mengganti wawu menjadi ya’ dan kemudian diidghomkan sedangkan member hukum selainnya yang telah ditentukan itu hukumnya Syadz(keluar dari qoidah).
Penjelasan:
Jika terdapat wawu dan ya’ berkumpul dalam satu kalimat serta yang pertama mati, maka wawu diganti dengan ya’ dan kemudian diidzghomkan.

Syarat – syarat penggantian
a.       Ittishol ( bertemu langsung)
Jika tidak bertemu langsung, akan tetapi ada huruf yang memisah antara wawu dan ya’ maka wawu tidak boleh diganti ya’
b.      Dalam satu kalimah
Jika wawu dan ya’ berkumpul, tetapi tidak dalam satu kalimah maka wawu tidak diganti ya’
c.       sHuruf yang dahulu mati
Jika huruf yang mendahului berharokat, maka wawu tidak diganti ya’
d.      Sepi dari hal – hal yang baru datang (sesuatu yang tidak asal) yaitu :
a.       Sukun yang mendahului merupakan sukun asli
b.      Huruf yang mendahului merupakan huruf asli ( bukan pergantian )
إذااجتمعت الواو والياء في كلمة واحدة وسبقت إحداهما بالسكون أبدلت الواو ياء وأدغمت الياء الأولى في الثانية. نحو ميت و مرمي. أصلهما: ميوت و مرموي.
   

القاعدة الثامنة
وواوا نا ثر كسر إن تسكن تصر         ياء كجير بعد نقل في جور
وإن تحرك وهي لام كلمة                             كذا فقل غبي من الغبا وة
Ø  Jika terdapat huruf wawu yang disukun dan terletak setelah harokat kasroh, mka harus diganti menjadi ya’ seperti lafadz جير setelah memindah harokat pada lafadz جُوِرَ.
Ø  begitu pula harus diganti ya’ huruf wawu yang berharokat dan menjadi lam fiilnya kalimat. Maka di ucapkan lafadz غبي dari masdar غَبَاوَة.
Penjelasan:
1.      Pergantian huruf wawu yang sukun dan terletak setelah harokat kasroh maka harus diganti ya’. Contoh: جِيْرَ asalnya جُوِرَ
2.      Penggantian wawu menjadi yang berharokat menjadi ya’. Dalam hal ini terjadi pad2 tempat.
a.       Wawu yang menjadi lam fiil
Jika terdapat wawu yang berharokat, dan menjadi lam fiil serta terletak setelah harokat kasroh, maka harus diganti menjadi ya’.
Contoh : غَبِي aslanya غَبِوَ
b.      Bertempat pada wawu yang menjadi ‘ain fiil dari masdar yang mengikuti wazan فِعَالٌ dan فِعَالَةٌ {masdar qiyasi dari lafadz yang menunjukan arti Hirfah atau Wilayah}, yang ‘ain fiilnya mengalami pengi’lalan.
Contoh:   سِيَاسَةٌ  dan    قِيَامٌ asalnya  قِوَامٌ       dan سِوَاسَةٌ.

اذا وقعةالواو بعد كسرة فى اسم او فعل ابدلت ياء. نحو: رَضِيَ وغَازٍ اصلهما رَضِوَ و غَا زِوَ


القاعدة التاسعة
Qoidah kesembilan
(Pembuangan Huruf Hamzah)
وحذف همز أفعل استمر في              مضارع وبنيتي متصف
·         Pembuangan hamzah dari lafadz yang mengikuti wazan  اَفْعَلَ  itu ditetapkan didalam fi’il mudlori’ dan dua isim sifatnya (isim fa’il dan isim maf’ul).

Penjelasan :
Pembuangan hamzah pada wazan  اَفْعَلَ  ada 2:
1.    Pada fi’il mudlari’:
 agar tidak bertemunya dua hamzah didalam satu kalimat yang dimulai dengan hamzah washol. Contoh : lafadz اُكرِمُ asalnya اُاَكْرِمُ
Lafadz ini asalny اُاَكْرِمُ,hamzah  yang kedua dibuang  karena hamzah termasuk huruf halaq (berat dalam pengucapannya) dan ketika hamzah berkumpul dengan hamzah lain maka pengucapannya jadi lebih berat. Dalam pembuangannya yangdibuang adalah hamzah yang kedua karena hamzah yang pertama adalah huruf mudlari’ dan ini juga berlaku pada huruf-huruf mudlari’ yang lain
2.    Didalam dua isim sifat (isim fa’il dan isim maf’ul)
Contoh :  مُكْرِمٌ  dan مُكْرَمٌ asalnya مُاَكْرِمٌ dan مُاَكْرَمٌ.
Hamzah dibuang karena disamakan dengan fi’il mudlari’nya, walaupun tidak ada sebab pembuangannya, dikarenakkan isim fa’il dan isim maf’ul adalah cabangan dari fi’il mudlari’ maka ketika fi’il mudlari’nya mengalami pembuangan hamzah, maka cabangannya juga mengalami pembuangan hamzahnya dibuang.


 القاعدة العاشرة
(QOIDAH KESEPULUH)
وَصَحِّحِ الْمَفْعُولَ مِنْ نَحْوِعَدَا               وَاَعْلِلْ إِنْ لَمْ تَتَحَرَّ الْاَجْوَدَا
v  Shohihkanlah isim maf’ul dari sesamanya lafadz (setiap fiil yang lam fiilnya berupa huruf   واو yang mengikuti wazan فَعَلَ) dan I’lallah, jika tidak menghendaki bahasa yang bagus”
PENJELASAN
#Isim maf’ul dari lafadz yang lam fiilnya berupa wawu#
Lafadz yang lam fiilnya berupa واو itu di dalam membentuk isim maf’ulnya terdapat 2 perincian:
1.      Jika Fiil Madinya mengikuti wazan  فَعَل
2.      Jika Fiil Madinya mengikuti wazan  فَعِلَ
·          Fiil Madinya mengikuti wazan  فَعَل
Dalam hal ini isim maf’ulnya terdapat 2 hukum yaitu:
a.      Dishohihkan (واو lam fiilnya tidak diganti ياء)
Contohnya lafadz:  مَعْدُوٌّ
مَعْدُوْوٌ                    مَعْدُوّ              مَفْعُوْلٌ        
واو yang menjadi lam fiil pada lafadz مَعْدُوْوٌ itu dishohihkan yang artinya tidak mengalami pergantian ياء dan lafadz مَعْدُوْوٌ langsung  didghomkan menjadi lafadz مَعْدُوّ.
lafadz  مَعْدُوٌّ langsung di idghomkan karena  disamakan dengan fiilnya yang mabni fail yaitu lafadz عدا             عدو (di dalam fiilnya واو tidak mengalami pergantian ياء ).
Hukum disohihkan lafadz tersebut itu menurut pendapat yang unggul, dan merupakan Qoul Muhtar (pendapat terpilih).

b.      Dii’lal  (واو lam fiilnya  diganti ياء)
pendapat yang menyatakan tentang pergantian واو menjadi ياء ini merupakan pendapat yang marjuh (tidak unggul) dan merupakan bahasa yang tidak baik.
Contohnya ladadz:   مَعْدِيٌّ
  مَعْدُوْوٌ           مَعْدُوْيٌ             مَعْدُيٌّ                 مَعْدِيٌّ
Dii’lalnya lafadz tersebut karena mengikuti fiilnya yang mabni Maf’ul  yaitu lafadz عدي)               (عدو

القاعدة الحادية عشرة
(QOIDAH KESEBELAS)
فا أمر أومضارع من كوعد               احذف وفي كعدة ذاك اطرد

القاعدة الثانية عشرة
(QOIDAH KEDUABELAS)
ومفعل صحح كالمفعال                                وألف الإفعال واستفعال
أزل لذا الإعلال والتا الزم عوض        وحذفها بالنقل ربما عرض
Wazan مفعل dari lafadz (dari lafadz yang ain fiilnya berupa huruf ilat) itu dishohihkan seperti wazan مفعال, lafadz yang mengikuti wazan افعال dan استفعال (dari lafadz yang mu’tal ain) itu alifnya
Harus dibuang karena pengi’lalan (memindah harokat ain fiil pada fa’ fiil) dan harus menetapkan huruf ta’ (di akhir) sebagai pengganti huruf yang dibuang sedangkan membuang ta’ itu terkadang terjadi secara naql (memindah dari kalangan arab/sama’i)
Penjelasan
Menshohihkan wazan مفعل
Lafadz yang ain fiilnya berupa huruf ilat (wawu / ya’), jika isim alatnya mengikuti wazan مفعل maka ain fiilnya harus dishohihkan dari memindah harokat huruf ilat pada huruf shohih sebelumnya. Hal ini karena disamakan dengan wazan مفعال
مقولDisamakan dengan مقوال
مخيطDisamakan dengan مخياط
1.      Qoidah tentang pemindahan harokat (Q2) hanya terjadi pada fiil mudlori’. Sedangkan kalimah isim tidak bisa di I’lal kecuali jika isim tersebut mempunyai keserupaan dengan fiil mudlori’
2.      Keserupaan isim dengan fiil mudlori’ terjadi pada dua hal
a.       Serupa dalam huruf tambahan saja
Seperti تبيع berasal dari تبيع kemudian harokatnya dipindah pada ba’ menjadi تبيع
 
b.      Serupa dalam wazan saja
Seperti مقامberasal dari مقومwazannya (mati hidupnya hurufnya sama dengan fiil mudlori’ يفعل harokat wawu dipindah pada huruf shohih sebelumnya  maka menjadi مقوم  Kemudian wawu diganti alif  menjadi  مقام

3.      Untuk lafadz yang mengikuti wazan مفعل meskipun wazannya sama dengan fiil mudlori’ (dalam hal mati dan hidupnya huruf), namun lafadz tersebut tidak dii’lal, karena wazan tersebut asalnya dari wazan مفعال yang dibaca panjang. Sedangkan wazan مفعال Tidak ada keserupaan dengan fiil mudlori’
Seperti lafadz مخيطyang asalnya مخياط ( tidak dii’lal)

Pembuangan alif wazan افعال Dan استفعال
Masdar yang mengikuti kedua wazan tersebut jika bina’nya nu’tal ain, maka wajib membuang huruf alifnya yang merupakan pergantian dari huruf ilat.kemudian menambahkan huruf ta’ pada akhir sebagai ganti dari huruf yang dibuang.
1.      Lafadzاقامة harokat wawu dipindah pada huruf shohih sebelumnya kemudian menjadi اقوام kemudian wawu diganti alif karena wawu asalnya berharokat dan terletak setelah harokat fathah kemudian menjadi اقاامSalah satu alif dibuang sehingga menjadi kemudian ditambahkan huruf ta’ pada akhir sebagai ganti dari huruf yang dibuang sehingga menjadi اقامة
2.      Sama halnya pada lafadz استخارة Yang aslinyaاستخيار proses pengi’lalannya sama seperti lafadz اقامة


القاعدة الثالثة عشرة

وما لإفعال من الحذف ومن              نقل فمفعول به أيضا قمن
القاعدة الرابعة عشرة
ذواللين فاتافي اافتعال أبدلا                           وَشذ في ذي الهمز نحو ائتكلا

القاعدة الخامسة عشر
طاتاافتعال رد إثر مطبق                               في ادان وازدد وادكر دالا بقي

القاعدة السادسة عشرة"الإدغام"

أَوَّلَ مِثْلَيْنِ مُحَرَّكَيْنِ فِيْ                                  كَلْمَةٍ ادْغِمْ لَا كَمِثْلِ صُفَفِ
وَذُلُلٍ وَكِلَلٍ وَلَبَبِ                                          وَلَا كَجُسَّسٍ وَلَا كَاخْصُصَ بِيْ
وَلَا كَهَيْلَلٍ وَشَذَّ فِيْ أَلِلْ                                   وَنَحْوِهِ فَكٌّ بِنَقْلٍ فَقُبِلْ

Ø  Idghomkanlah awal dua huruf yag sama, yang ke-2nya berharokat dan berkumpul dalam satu kalimat, dengan syarat tidak menyamai lafadz صُفَفِ (setiap lafadzyang ikut wazan فُعَلٌ )
Ø  Dan tidak seperti lafadz ذُلُلٍ, كِلَلٍ, dan لَبَبِ ( setiap lafadz yang mengikuti wazan فُعَلٌ فُعُلٌ فِعَلٌ )
Dan tidak seperti lafadz جُسَّسٍ ( setiap lafadz yang kumpul 2 huruf yang sama tapi huruf sebelumnya sudah di idghomkan ) dan tidak seperti lafadz اخْصُصَ بِيْ           ( setiap lafdz yang huruf ke-2 dari 2 huruf yang sama yang berharokat yang baru datang/ bukan asal)
Ø  Dan tidak seperti lafadz هَيْلَلٍ ( setiap lafadz yang di ilhaq kan/ disamakan dengan lafadz yang lain ) dan dihukumi, syadztidak mengidghomkan didalam lafadz أَلِلْ dan sesamanya dengan cara sima’i.


PENJELASAN:
·         Pengertian idhom
            “Mengucapkan 2 huruf yang 1mati dan yang lain berharokat dari mahroj yang sama,dengan pengucapan yang tidak ada pemisah diantara keduanya”
contoh: lafadzدًا  مَدَّا     مَدْ
(2 huruf yang sama ketika di idzghomkan dengan sekali pengucapan , tidak diucapkan 2 huruf)
§  Jika terdpat 2 huruf yang sama dan yang ke-2nya berharokat, maka huruf yang  pertama wajib huruf 1 diidghomkan pada huruf yang yang ke-2dan harus mematikan huruf yang pertama karena huruf yang berharokat tidak mungkin bias diighomkan.
Contoh : مَدَّ
Asalnya مَدَدَ Dal yang pertama dimatikan agar dapat diidghomkan pada Dal yang ke-2, karena sama didalam jenisnya maka, maka menjadi مَدَّ
§  Jika huruf yang pertama sudah tidak berharokat, maka langsung saja diidghomkan huruf pertama pada huruf yang ke-2. Contoh : مَدًّا
Asalnya مَدْدًا, Dal yang pertama langsung diidghomkan pada dal yang ke-2 karena sama pada jenisnya, maka menjadi مَدًّا.

·         Tujuan Idghom
       Tujuannya yaitu Untuk mencari keringanan (lit-tahfif) didalam mengucapkan lafadz, dikarenakan lafadz yang terdapat 2 huruf yang sama dan tidak diidghomkan itu hukumnya  sangat berat.

·         Syarat- Syarat Idghom
1.      Berkumpulnya 2 hurufyang sama dalam satu kalimat
Jika terdapat 2 huruf yang sama tapi terdapat dalam 2 lafadz, maka hukumnya boleh diidghomkan (tidak wajib).
Contoh : جَعَلَ لَكَ
Boleh diidghomkan menjadi جَعَلَّكَ .


Hal ini harus memenuhi 2 syarat, yaitu:
a.       Bukan merupakan 2 hamzah
Karena jika berupa 2 hamzah, hukumnya sangat jelek bila diidghomkan.
Contoh : قَرَأَ أَيَةٌ
b.      Huruf sebelum huruf yang pertama, bukan huruf yang mati selainnya huruf lain(و,ا,ي )
Jika berupa mati maka tidak boleh  diidghomkan seperti lafadz شَهْرُ رَمَضَان .
2.      Berkumpulnya 2 huruf yang sama bukan dipermulaan kalimat
Jika dipermulaan, maka tidak boleh diidghomkan seperti lafadz دَدَنَ.
3.      Bukan lafadz yang mengikuti wazan فُعَلٌ
Jika mengikuti wazan فُعَلٌ maka tidak boleh diidghomkan. Contoh:  صُفَفٌ
4.      Bukan lafadz yang megikuti wazan فُعُلٌ
jika mengikuti wazan tersebut maka hukumnya tidak boleh diidghomkan.
Contoh:ذُلُلٌ  
5.      Bukan yang mengikuti wazan فِعَلٌ
jika mengikuti wazan ini maka hukumnya tidak boleh diidghomkan. Contoh ; كِلَلٍ
6.      Bukan lafadz yang ikut wazan فَعَلٌ
Jika mengikuti wazan ini maka hukumnya tidak boleh diidghomkan.  Contoh: لَبَبٌ
7.      Awalnya 2 huruf yang sama tidak bertemu huruf yang diidghomi
Jika awalnya 2 huruf yang sama dan bertemu huruf yang diidghomi maka hukumnya tidak boleh diidghomkan, karena akan menyebabkan iltiqa’,lalu menuntut merubah kalimat tanpa menghasilkan sesuatu yang ringan diucapkan. contoh : جُسَّسُ
8.      Tidak terjadi pengharokatan yang baru dating (harokat bukan asal) pada huruf yang ke-2
Maka hukumnya tidak boleh diidghomkan. Contoh: اُخْصُصَ بِي lafadz ini asalnya adalah اُخْصُصْ ابِي (mulyakanlah ayahku) kemudian harokat fathah lafadz ابِي dipindah pada ص-nya lafadz اُخْصُصْ, kemudian alif dibuang untuk mempermudah pengucapan.
9.      Lafadz yang terdapat  2 huruf sama bukan termasuk lafadz yang diilhaq kan (samakan) tasyrifnya dengan lafadz  lain
Jika termasuk lafadz yang diilhaqkan maka tidak boleh diidghomkan.
Contoh : هَيْلَلَ, asalnya هَلَّ kemudian di tambah hurufya’ agar tasyrifnya sama dengan lafadz فَعْلَلَ, lam 2 huruf yang sama tidak diidghomkan karena jika diidghomkan tujan mengilhaq tidak tercapai.
10.  Huruf yang ke-2 tidak mengalami penyukunan yang sifatnya baru datang /bukan asal
Dalam  Hal ini tidak boleh diidghomkan. Penyukunan huruf yang ke-2 biasanya di sebabkan 2 hal ,:
a.        Bertemu dlomir ROFA’ yang muttashil
Contoh : ظَلِلْتُ
b.      Karena dibaca jazm
Contoh : لَمْ يَحْلُلْ  dan اُحْلُلْ



3 komentar: